Welcome Share more and more

Langkah-langkah Menjalani Pratek Kerja Lapangan


PKL
Pratek Kerja Lapangan juga sering disebut PKL, PKL sendiri biasanya di adakan oleh sekolah SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) itu pada saat kelas 11 (semester 3/4) dan tidak jarang pada saat kelas 12 (semester 5/6) itu hanya sekolah tertentu karena sekolah itu membuka Diploma 1, nah tidak lepas dari itu sang siswa/siswi di wajibkan melalui tahap ini untuk melatih pengalaman, ketrampilan, kekreatifan, kedisplinan, mandiri dan tentu juga siap bersaing di tenaga kerja lainnya. Tapi terkadang PKL tersendiri ada yang menyebabkan tersendat
misalnya:
1.    Mencari tempat PKL, dalam langkah ini susah-susah gampang solanya tinggal kitanya mau  mencari atau tidak, kalau tidak di niati maka tidak ketemu-temu. Mencari tempat PKL setidaknya ada teman karena kalau sendiri akan mengalami kebingungan. Pertama tentukan waktunya saya sarankan pada akhir pecan sabtu-minggu supaya tidak menggangu belajar di sekolah tapi jika waktu mepet bisa izin dari sekolah, mencari di tempat dekat-dekat daerah kamu tinggal biasanya ada beberapa misalnya kamu mencari bengkel, koperasi, toko computer, bank, ataupun sekolahan juga bisa (SMP/SMK) dan mencari tempat PKL sesuai jurusan anda. jika  tidak mendapat tempat PKL yang di diharapkan bisa mencari keluar kota bersama temanmu tapi bagi perempuan menurut saya yang belum pernah ada pengalaman tinggal di luar kota, saya sarankan mencari satu kota karena di hawatirkan mengalami hal-hal yang tidak diharapkan yang di pengaruhi zaman seperti pergaulan bebas. Jika kita menemukan sebuah perusahaan/tempat PKL yang diharapkan, kita masuk dengan sopan lalu bertanya kepada pekerja yang sedang bekerja tentang “apakah disini menerima siswa/siswi yang prakerin” jika sang petugas menjawab “y disini menerima prakerin / disini masih ada yang kosong ” maka sudah di pastikan disitu masih kosong tapi pada akhirnya di dimintai uang untuk biaya PKL anda menjawab “maaf saya mau mencari-cari tempat PKL yang lain dulu” jika sudah menemukan tempat PKL yang sesuai dan tidak di mintai biaya langsung saja anda bicara kepada pekerja yang mengurus PKL di situ “saya berminat PKL disini”. jika anda PKL di luar kota anda sekalian mencari tempat kost yang sesuai selera anda tapi jangan jauh-jauh dari tempat PKL.



2.    Langkah disini mudah tinggal membuat surat izin pengantar dari sekolahan ke tempat PKL. Jika sudah mebuat langsung saja ke tempat PKL dan menyerahkannya.

3.    Langkah berikutnya  hari pertama masuk PKL harus masuk awal jangan sampai terlambat sesuai jam kerja disitu. berpakaian rapi, sopan dan wajar. Jangan sombong terhadap pekerja-pekerja disitu paling tidak bertanya bagaimana cara ini yang menyakut tentang “jurusan anda” dan minta di ajari, ingat jangan malu-malu bertanya/membantu pekerja-pekerja disitu. Tetapi beda ketika anda sudah mendapat tugas dari bos perusahaan disitu paling tidak anda bertanya “minta berikan contoh cara melakukan pekerjaan ini pak/ibu”. Biasanya para pekerja disitu kadang-kadang menyuruh para siswa/siswi yang PKL untuk membeli makanan/minuman/rokok bahkan tidak jarang minta no HP bagi yang perempuan . jika anda telah melaksanakan hari pertaman PKL catatlah hal-hal yang dikerjakan disitu dalam sebuah cacatan itu berguna membantu pembuatan makalah laporan PKL yang di beri tugas dari sekolah tapi biasanya kelompok, jika demikian jangan sampai ada yang ngangur dalam pembuatan makalah laporan PKL bergantian dalam pembuatanya dan juga bisa bersama-sama memikirkan apa yang harus di tulis.

4.    Jika pada saatnya anda selesai PKL jangan tergesa-gesa ingin pulang karena pada saat itu kamu akan merasakan hal-hal bahagia mendapatkan pengalaman kerja, teman dan ilmu. Setidaknya memberikan kenangan-kenangan kepada perusahaan melalui iuran teman-teman PKL jangan barang yang berhaga tapi paling tidak ada nilainya, bisa juga mengadakan makan bersama atau foto-foto bersama.

5.    Semoga sukses menuju masa depan.


2 Responses to Langkah-langkah Menjalani Pratek Kerja Lapangan

Silahkan komentar dengan bahasa yang baik dan jelas, terima kasih

Yudi Eka Aprilianto. Diberdayakan oleh Blogger.

Support By